Tutorial Instalasi Windows 7, 8, 10 Beserta Gambar Panduan GRATIS

Berikut berbagai tutorial dalam menangani penginstalan komputer, laptop, notebook, ataupun netbook, dengan bantuan bootable. Sebagai contoh dalam instalasi berikut ini adalah Win 8. Pada dasarnya instalasi ini dapat digunakan untuk instalasi Windows XP, 7, 8.1, 10 berlaku juga untuk setiap edisi termasuk  basic, home, professional, enterprise, dan lain sebagainya untuk tipe sistem 32 bit atau 64 bit. Yang terpenting mengerti bahasa PC dan tentunya bahasa Inggris pasti instalasi apapun bisa dilakukan.
Banyak alasan yang mengharuskan para pengguna PC untuk menginstal ulang agar menjadi kembali baik seperti sebelumnya, dikarenakan terserangnya virus atau rusak dan hilangnya file pada sistem. Pada postingan kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara menginstal ulang ala sendiri tanpa harus diberikan kepada penyedia jasa instal ulang, Sebelum menginstal pahami beberapa hal berikut:

  1. Pastinya sudah memiliki file master windows yang akan diinstal, ingat ya harus sesuai dengan sistem PC 32 bit atau 64 bit dan dilihat juga spesifikasi PC memumpuni atau tidak karena prosesor, RAM, dan lain-lain sangat berpengaruh dalam memberikan kenyamanan nanntinya.
  2. Karena instalasi kali ini menggunakan bootable dengan flashdisk, maka siapkan dulu flashdisk minimal 4 Gb karena biasasanya master windows 3,5 Gb. Untuk cara mengetahui bagaimana membuat bootable dengan flashdisk, Link ...
  3. Sebelum memulai instalasi jangan lupa siapkan driver bawaan dari PC tersebut dan software penting lainnya
  4. Jika sudah semua, maka hidupkan komputer ataupun laptop dalam keadaan flashdisk yang sudah dibootable tercolok pada lubang USB PC
  5. Saat awal keluar Logo komputer ataupun laptop dengan cepat tekan tombol-tombol BOOTING, biasanya untuk masuk booting setiap komputer dan laptop berbeda-beda, ada yang melalui tombol F1, F2, F9, F10, terkadang juga ada beberapa versi khusus laptop masuk booting dengan bantuan tombol Fn, contoh Fn + F2, namun pada umunya tombol F2 bisa masuk kedalam seting boot.
  6. Setelah masuk pada menu booting carilah menu BOOT dan pada menu Boot Device Priority pilihan flashdisk biasanya menggunakan merek atau tipe flashdisk yang kita pakai menjadi Firs Boot. Setelah selesai pilih save dan exit atau F10. Dan secara otomatis komputer akan terestart
  7. Setelah memualai kembali biarkan saja (tidak usah masuk kemenu booting, namun jika keluar logo windows kita sebelumnya berarti setingan booting masih salah, dan harus diulangi lagi) nanti akan muncul tulisan “press any key bla...bla....” dengan cepat tekan tombol ENTER, SPACE atau tombol lainnya agar masuk ke instalan windows

Berikut instalasi dan gambar pertahapnya:
Halaman instalan pertama yaitu memilih bahasa, cari saja bahasa Indonesia atau English lalu Next

klik Instal Now

Masukkan kode key dari windows tersebut, key bisa dicari di Master Google untuk tipe win 8 pro, proffesional, enterprise dll. Jika tidak memiliki skip saja dengan klik Next (jika diskip nantinya windows 8 setelah instalasi selesai harus diaktivator lebih dulu)

Ceklislah pada tanda kotak  “I accept the lincense terms” dan Next

Lalu terdepat dua pilihan opsi instalan yaitu Upgrade dan Custom. Pilihlah Upgrade jika ingin menaikkan versi Windows dan data file pribadi yang tersimpan pada file Document serta software-software yang terinstal tidak akan hilang. Namun jika menginginkan benar-benar fresh dan terbebas dari virus yang melekat pada sistem maka instalah pada bagian Custom.

Lalu tampilan dalam memilih Drive untuk dijadikan sebagai tempat sistem dari windows 8 nantinya, agar bisa. Dalam halaman ini dapat dilakukan beberapa tindakan seperti pembagian partisi, delete, format, dan lain-lain.
Dalam pembuatan partisi bisa dilakukan ketika hardish sudah dalam keadaan bersih, hal ini bisa dilakukan dengan klik pada kursor pada salahsatu drive yang akan dibuat partisi, jika drive tersebut sebelumnya terdapat file maka hapuslah partisi sebelumnya dengan menu “Delete” lalu pilih “New” aturlah kapasitas yang diinginkan pada bagian-bagian partisi tersebut.
Keterangan:
  1. Menu New: membuat partisi baru
  2. Menu delete: memforfat sekaligus menghapus partisi
  3. Format: mengformat isi dalam partisi

Catatan penting dalam hal ini, agar bisa diperhatikan agar tidak ada kesalahan dan penyesalan nantinya. Jika Anda tidak ingin memartisi drive, maka langsung saja letakkan kursor pada Drive yang memang sebelumnya sudah menjadi letak sistem (sebagai Data C) kemudian akan muncul pilihan dan pilihlah “Format” lalu Next

halaman berikutnya proses instalasi dimulai ada 2 tahap, biarkan saja dan ini membutuhkan waktu yang lumayan lama. Ketika tahap 1 selesai maka akan mereboot otomatis dalam hitungan 10 detik. Pada saat mati sebentar sebelum masuk logo lagi ini diharapkan flashdisk yang mencolok segera dicabut, karena jika tidak biasanya akan memulai dari awal kembali.
Setelah dari proses restart akan muncul pada halaman yang sama karena tahap 2 sebagai finising instalan dilakukan. Namun jika eror kemungkinan ruang drive tidak cukup untuk melakukan instalasi atau Master Windowsnya rusak atau broken.

Laman berikutnya merupakan fitur windows 8 itu sendiri yaitu “Personalize” pilih saja sesuai selera

Lalu pilih model pensettingan awal, pilih “Use Express Settings” agar default sesuai standar atau jika Anda ingin memilih settingan dengan cara sendiri pilih bagian “Customize”

Membuat Account pilihlah Create dan akan tampil pilihan akun, ketikan nama dari User dan lain sebagainya.

Penyiapan aplikasi standar


Dan finish. Desktop ala windows 8 telah berhasi diinstal. 

Selanjutnya installah driver bawaan PC jika tidak memiliki pakailah driver pack, jika sudah restart lalu instal program-program kerja, utillity, dan lain sebagainya

0 Response to "Tutorial Instalasi Windows 7, 8, 10 Beserta Gambar Panduan GRATIS"

Post a Comment