Cara Gampang Uji Peta Situs/Site Map Google Webmaster Tools 2017

Sebelumnya kita sudah membahas, bagaimana cara mendaftar ke Google Webmaster Tools untuk langkah awal dalam meningkatkan traffic blog pada search engine google. Nah untuk kali ini akan dibahas bagaimana mendaftarkan situs ke google site map atau peta situs. Peta situs atau dikenal dengan Sitemaps merupakan uji situs blog agar cepat terindex. Artinya artikel atau wacana yang biasa kita buat dengan blog dan telah dipublish dapat segera muncul pada mesin pencarian google, karena kita ketahui bahwa google merupakan search engine paling popular dan paling banyak digunakan oleh para internet user. Melalui sitemaps ini kita bisa melihat perkembangan URL artikel yang telah terindex ataupun belum. Selain itu juga dapat mendeteksi URL yang mengalami eror 404. Semua ini memiliki tujuan nya blog kita muncul di halaman pertama search engine dan dapat terapprove oleh google adsense. Berikut cara membuat uji sitemap: 
1. Buka dulu akun Anda di google webmaster, kemudian ke dashboard dan pilih menu Crawl. Pada menu tersebut cari Sitemap. 

2. Maka akan tampil gambar dibawah. Setelah itu pada pojok kanan atas terdapat pilihan "add/Test Sitemap" pilih saja.
3. Akan muncul tempat kolom dimana Anda harus memasukan kode sitemap dibawah satu persatu baru kemudian di Submit. 
  • atom.xml
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • feeds/posts/default?alt=rss
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • rss.xml
  • sitemap.xml
Untuk diingat bahwa setiap kali submit Anda di haruskan merefresh ulang bisa gunakan F5. Maka akan tampil seperti gambar dibawah. Selain itu juga sitemap yang kita ujikan ini membutuhkan waktu lumayan lama untuk benar-benar diterima, Anda bisa mengeceknya dihari esoknya.
Finishhh

2 Responses to "Cara Gampang Uji Peta Situs/Site Map Google Webmaster Tools 2017"

  1. apa gak masalah menambahkan semua daftar peta situs tersebut dengan sistem index google, maaf masih newby he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya itu tidak apa-apa, semuanya pun sama. jadi sebenarnya dengan "sitemap.xml" itu udah cukup agar postingan kita terindex oleg google.

      Delete